Subscribe:
.
animasi-bergerak-selamat-datang-0140

Sabtu, 07 April 2012

Membuat Screen Shot Dengan Windows XP dan Vista

Membuat Screen Shot Dengan Windows XP dan Vista

Istilah screen shot mudah-mudahan sudah tidak asing bagi anda, terutama anda yang sudah menggeluti bidang perancangan website. Screen shot adalah gambar yang diambil (capture) dari apa yang terlihat di layar komputer kita baik itu seluruh layar, window tertentu, atau bagian tertentu (geometri) dari layar. Screen shot pada penggunaannya ternyata sangat membantu para perancang web mau pun penulis ebook untuk memudahkan dan memperkaya informasi atau penjelasan di web atau ebook yang mereka buat.
Secara umum, semua perangkat komputer saat ini sudah dilengkapi oleh fungsi membuat screenshot. Coba anda perhatikan papan tombol (keyboard) dari komputer atau laptop anda, temukan tombol PRTSC SYSRQ (PrtSc SysRq) ...... ada khan !!! Artinya, komputer anda juga siap untuk membuat screenshot. Nah, berikut ini akan saya infokan secara singkat tip untuk membuat screen shot, baik di windows XP mau pun Vista.

MENGGUNAKAN TOMBOL PRTSC SYSRQ (UNTUK WINDOWS XP & VISTA)

Ini merupakan cara termudah dan merupakan fungsi default, tetapi untuk prosesnya anda perlu editor image standar Windows, misalnya Microsoft Photo Editor, Microsoft Paint, atau lainnya. Berikut adalah langkah-langkah yang anda harus lakukan :
  1. Munculkan gambar yang akan di screen shot di layar komputer anda.
  2. Tekan tombol PRTSC SYSRQ pada papan tombol (keyboard) komputer anda. Penekanan tombol ini tidak memberikan perubahan apa-apa di layar komputer, tetapi sebenarnya telah meng-copy image yang sedang tampil di layar komputer ke “clipboard” dan siap di “paste” ke program grafik atau image editor untuk proses lebih lanjut yang diinginkan.
  3. Selanjutnya buka program editor image yang anda miliki, dalam contoh ini saya menggunakan Microsoft Photo Editor.
  4. Masuk ke menu EDIT dan pada dropdown menu klik “Paste as New Image”, seperti pada screen shot berikut :
  5. Akan ditampilkan screen shot yang sebelumnya disimpan di clipboard ketika kita tekan tombol PRTSC SYSRQ, ini tampilannya :
  6. Jika diperlukan, silahkan lakukan pengeditan screen shot, misal crop, re-size, rotate, dan lain-lain sesuai keperluan anda.
  7. Setelah selesai, masuk ke menu FILE dan klik SAVE AS untuk menyimpan screen shot anda.
  8. Navigasikan ke folder dimana anda akan menyimpan image screen shot tadi.
  9. Ketikan nama file untuk screenshot dan pada kolom pilihan “Save As Type”, pilih tipe file untuk menyimpannya (GIF, JPG, PNG, dll.)
  10. Terakhir, klik tombol SAVE. Selesai !!!

MENGGUNAKAN FITUR SNIPPING (KHUSUS UNTUK WINDOWS VISTA)

Jika anda menggunakan Windows Vista, maka Microsoft sudah melengkapinya dengan fitur SNIPPING TOOL untuk mempermudah pembuatan gambar screen shot. Tapi jangan lupa, Sniping tool tidak akan anda dapatkan jika Windows Vista anda adalah edisi Home Basic. Fitur ini disediakan untuk Vista edisi Home Premium, Business, Enterprise, atau Ultimate.
Berikut ini langkah-langkah untuk membuat screen shot dengan Snipping tool :
  1. Klik pada menu START dan pada kotak “start search” yang muncul ketikan kata “snipping”.
  2. Snipping tool akan muncul di atas kotak search tadi, pilih teks “snipping tool” dan klik untuk memulai.

  3. Jendela snipping tool akan muncul pada layar anda, seperti ini :


    Anda bisa pindah-pindahkan jendela ini kesudut layar yang tidak menggangu bagian dari layar yang anda ingin pilih menjadi area screen shot.

  4. Snipping tool mengasumsikan anda akan membuat suatu kliping baru ketika anda membukanya. Layar anda akan di-dim, dan selanjutnya anda tinggal meng-klik dan drag kursor untuk memilih suatu area yang akan di copy menjadi image screen shot. Saat anda men-drag, obyek di area yang terpilih akan menjadi lebih gelap warnanya, dan sekelilingnya akan dibatasi oleh border berwarna merah. Warna border dapat dirubah dengan melakukan perubahan pada menu option di snipping tool.
  5. Jika anda melepas (me-release) tombol mouse, maka area yang dibuat (di-captured) akan terbuka di jendela snipping tool. Jika anda belum puas dengan hasil pilihan area tadi dan ingin mengulang kembali, klik tombol NEW (New Snip), dan ulangi lagi proses klik dan drag untuk menentukan area screen shot anda.
  6. Jika pembuatan kliping tadi sudah OK, maka silahkan masuk ke menu FILE pada jendela snipping tool, klik dan pilih menu SAVE AS ...
  7. Seperti penjelasan sebelumnya, navigasikan ke folder tempat penyimpanan file anda, ketik nama file dan pilih tipe format file yang anda inginkan.

    Ok. Selesai deh !!!
Untuk melengkapi informasi mengenai screen shot, silahkan baca juga tip dibawah ini.

TIP-TIP SCREEN SHOT :

  • Jika warna-warna pada screen shot anda tidak terlalu banyak dan anda ingin tetap menjaga ketajaman garis-garis dan ukuran file tetap kecil, maka save file screen shot dalam format GIF. Jika screen shot terdiri dari banyak warna, berupa teksture atau foto, tapi anda ingin menjaga ukuran file tetap kecil, save dengan format JPEG. Dan jika screen shot berisi banyak warna, ketajaman garis perlu dijaga dan menginginkan image screen shot dengan kualitas penuh, save dengan format PNG.

  • Jika memungkinkan, hindari melakukan proses pengecilan ukuran (size reducing) dari screen shot anda, terutama jika screen shot sudah di-save dengan format pallete GIF. “Re-sizing” dengan memperkecil ukuran screen shot akan menghilangkan data informasi yang dapat merusak penampilan image screen shot. Jika tetap ingin dilakukan re-sizing, lakukan dengan konversi lebih dahulu format GIF ke mode RGB, atau lakukan saja dengan crop.

  • Untuk membuat screen shot anda lebih informatif dan mempertajam penjelasan yang ada, sebelum di-save, anda dapat tambahkan “make up” dengan menggunakan tool “Pen” dan “Highlighter” yang terdapat pada toolbar Snipping Tool. Make up yang kurang berkenan dapat dihapus dengan “eraser”.

0 komentar:

Posting Komentar